Jumat, Juni 17, 2011

Sekilas tentang Linux


Linux adalah salah satu Operating System yang menggunakan lisensi GNU (baca: gratis). Pertama kali dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki yaitu Linus Torvalds.

Tux sebagai maskot dari OS Linux dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996. Disebut Tux pertama kali oleh James Hughes yang diambil dari kata Trovalds Unix. Tux dibuat pertama kali untuk mengikuti lomba desain logo Linux. Walaupun tidak menjadi juara pada lomba tersebut, Trovalds memilih linux sebagai maskot (berdasarkan sumber yang tidak jelas, Trovalds pernah dipatuk pinguin saat pergi ke kebun binatang).

Distro (distribusi) Linux kini telah dibuat semakin banyak oleh individual, komunitas atau lembaga lainnya di seluruh dunia. Ubuntu sekarang menjadi distro linux peringkat pertama menurut distrowatch.com. Dalam hal pembuatan distro, Indonesia juga ikut ambiil bagian, sebut saja Distro BlankOn sebagai salah satu contohnya. Distro BlankOn dibuat oleh YPLI dan didukung oleh UNESCO.

Sumber: berbagai sumberwuehehe, lom selesai nulisnya, ntar dilanjutin deh. Mau nyuci baju dulu mumpug panas. Bye All (nulis emang bikin lupa waktu ;) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar